Friday, December 7, 2018

Next Project

Hai! This is Fira

Setahun nggak ambil modul membuatku rindu dengan diskusi kelompok. Diskusi Kelompok (DK) adalah salah satu sesi belajar mahasiswa FK dimana satu grup mahasiswa dibiarkan membahas satu kasus kesehatan dalam dua sesi yang dipantau oleh seorang dokter/dosen tutor. Formatnya ya seperti diskusi kelompok mahasiswa biasa.. kecuali ya mungkin kalau di FK jalannya diskusi bakal dinilai keaktifan dan kemampuan mencari data bahan diskusi. Nilai DK krusial karena bakal membantu banget menaikkan nilai modul secara keseluruhan hehe.

Diskusi terdiri dari dua sesi, sesi pertama baru mengurai masalah dan mencari benang merah. Di akhir diskusi pertama biasanya mahasiswa merangkum beberapa pertanyaan yang bakal dijawab para anggota kelompok. Semuanya kebagian mencari informasi, dan semuanya harus dicari sumber pustaka yang valid. Jadi bisa dibilang tiap minggu kami selalu bawa pulang tugas dan mesti menulis di logbook. Pada sesi berikutnya, semua membuat lembaran informasi yang sudah dikumpulkan untuk dibahas dan didiskusikan. Kalau infonya melenceng dari tujuan topik pembelajaran, tutor akan membantu meluruskan.


Begitu deh, seru pokoknya kecuali satu hal, biasanya DK jadwalnya siang habis jam makan. Kalau ga kebagian ngomong, berat aja gitu nih mata XD *jangan ditiru*

Nah, karena aku sebagai mahasiswa tua kurang kerjaan dan kesepian *hiks, aku pengen bikin beberapa postingan tentang diskusi kasus masalah yang kudapatkan dari channel youtubenya @chubbyemu.



Kalian yang tertarik dengan kesehatan, boleh pantau channel youtubenya dulu sebelum kesini. Tapi sepertinya untuk subtitle bahasa indonesia belum tersedia, selain itu mungkin jika membahasnya di blog, aku bisa memberi penjelasan lebih detail (dari sudut pandangan mahasiswa kesehatan yah, bukan dokter, so hanya for your information aja).

Well, sebenarnya aku seharusnya nggak bikin konten dari konten orang lain, tapi aku masih belum punya kepercayaan diri buat membahas satu topik sendiri. Tapi.. aku belum punya keberanian buat membahas sendiri haha. Aku belum jadi dokter. Mungkin nanti, kalau emang udah sumpah dokter haha.  

Stay tune!